Kamis, 10 Maret 2011

Spesifikasi Mesin

Spesifikasi Mesin dapat dikategorikan menjadi beberapa tipe atau model, berdasarkan :

Susunan Silinder.

Tipe In-Line
















Silinder-silinder yang digunakan disusun dalam satu baris, tipe ini banyak digunakan karena konstruksinya sederhana.



Tipe V



Blok silinder berbentuk V. Tipe ini memungkinkan tinggi dan panjang mesin berkurang.




Tipe Horizontal Berlawanan


Silinder-silinder disusun horizontal dan berlawanan satu dengan yang lainnya. Susunan seperti ini dapat mengurangi tinggi mesin.



Mekanisme Katup

Mesing 4 Langkah mempunyai satu atau dua katup masuk dan katup buang pada setiap ruang bakarnya. Campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam silinder melalui katup masuk, dan gas bekas keluar melalui katup buang. Mekanisme yang membuka dan menutup katu-katup ini disebut mekanisme katup, Berikut beberapa contoh mekanisme katup:

Tipe Over Head Valve (OHV)



Mekanisme katup ini sederhana dan high reability. Camshaft di tempatkan pada blok silinder, dibantu dengan valve lifter dan push rod antara rocker arm.

Tipe Over Head Camshaft

Pada tipe ini,camshaft ditempatkan di atas kepala silinder, dan camshaft langsung menggerakan rocker arm tanpa melalui lifter dan push rod. Camshaft digerakan oleh poros engkol melalui rantai atau sabuk penggerak.

Tipe ini sedikit lebih rumit dibandingkan dengan tipe OHV, tetapi tidak menggunakan lifter dan push rod, sehingga berat bagian yang bergerak menjadi berkurang. Kemampuannya pada kecepatan tinggi cukup baik, karena katup-katup membuka dan menutup lebih tetap pada kecepatan tinggi.

Tipe Double Over Head Camshaft

Dua camshaft ditempatkan pada kepala silinder, satu untuk menggerakan katup masuk dan yang lainnya untuk menggerakan katup buang. Camshaft membuka dan menutup katup-katup secara langsung, tidak memerlukan rocker arm. Berat bagian yang bergerak menjadi berkurang, membuka dam menutupnya katup-katup menjadi lebih presisi pada putaran tinggi.

Konstruksi tipe ini sangat rumit,kemampuannya sangat tinggi dibandingkan tipe lainnya. Mekanisme katup DOHC menggunakan dua metode untuk menggerakan dua buah camshaftnya, yaitu :

Metode Pertama
Dua camshaft digerakan langsung dengan sebuah sabuk atau rantai, atau
Metode Kedua
Salah satu camshaft digerakan langsung dengan sabuk, yang lainnya digerakan oleh camshaft yang dihubungkan dengan sebuah roda gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar