Kamis, 17 Februari 2011

Bagian Utama Mobil

Engine / Mesin


Roda-roda suatu kendaraan memerlukan adanya tenaga dari luar yang memungkinkan kendaraan dapat bergerak serta dapat mengatasi keadaan jalan,dsb. Sumber dari luar yang menghasilkan tenaga disebut mesin. Mesin merupakan alat yang merupah sumber tenaga panas, listrik, angin, air atau sumber tenaga lainnya menjadi tenaka mekanik. Mesin yang merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik disebut motor bakar (thermal engine).

Motor bakar ada beberapa macam. Mesin bensin, mesin diesel, mesin turbin dll, yang menghasilkan tenaga panas yang dihasilkan dari dalam mesin itu sendiri, disebut motor pembakaran dalam (internal combustion engine), contohnya mesin bensin, mesin diesel. Tenaga panas yang dihasilkan di luar dari mesin itu sendiri disebut motor pembakaran luar (external combustion engine), contohnya mesin uap.

Mesin yang tenaganya digunakan pada mobil harus kompak, ringan dan mudah ditempatkan pada ruangan yang terbatas. Selain itu mesin harus dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi dan tenaga yang besar, mudah dioperasikan dan sedikit menimbulkan bunyi.

Pemindah Daya / Drive train

Pemindah daya (drive train) adalah sejumlah mekanisme yang memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin untuk menggerakan roda-roda kendaraan. Mekanisme yang termasuk kedalam pemindah daya diantaranya :
  • Kopling
  • Transmisi
  • Propeller Shaft/Drive Shaft
  • Diferential

Chassis

Sistem chassis meliputi suspensi yang menopang axle, kemudi untuk mengatur kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan jalannya kendaraan. Sistem chassis berpengaruh langsung terhadap kenikmatan berkendara, stabilitas dan lain sebagainya.

Electrical

Sistem kelistrikan digunakan untuk menghidupka mesin dan mepertahankannya agar tetap hidup, juga digunakan untuk melengkapi dalam body kendaraan. Termasuk sistem penerangan, sistem wiper dan komponen lainnya yang menjamin keamanan dan kenikmatan saaat berkendara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar